Sabtu, 20 Agustus 2016

Kenalan Yuk Sama Pendidikan Seni Musik UNY




Hai bro! Selamat Datang di blog ane. Ente ga salah alamat dah kalo mau cari infolormasi tentang Pendidikan Seni Musik UNY. Emang disinilah tempatnya!

Oke, bagi kalian yang suka musik dan ingin mengabdikan diri bekerja mencari nafkah yang ga jauh-jauh dari yang namanya musik, emang, mendalami musik di perkuliahanlah kuncinya. Nah, kenapa harus PENDIDIKAN Seni Musik? Kenapa harus milih PENDIDIKAN kalo pengen mempelajari Seni Musik? Kenapa nggak Seni Musik tanpa PENDIDIKAN saja biar jos? Biar mangstaaab belajar musiknya?
Karena UNY dulunya adalah IKIP, maka, UNY merupakan Universitas yang banyak menyediakan jurusan yang bersifat LPTK atau Lembaga Pencetak Tenaga Kependidikan. Maka Seni Musik juga merupakan sesuatu perkuliahan yang digunakan untuk mencetak tenaga kependidikan di bidang musik.
Satu hal yang harus ente tau, bahwa di jurusan ini, ente udah buletin tekad bahwa ente akan jadi seseorang yang bekerja dan ngehasilin duit dari bidang musik. Entah itu jadi aranger, song writer, guru musik, guru les privat, job ng.caffe, sound man, bahkan makelar musik. Lho, katanya lulusan kalo alumni Pendidikan Seni Musik bakal jadi guru? Ane jawab sekarang aja, NGGAK NJAMIN! Tergantung orangnya lah. Ya kalo do.i masuk musik pengen jadi pemain band terkenal, ya itu bisa diwujudin di sini. Jangankan kuliah di musik, Bang Neo a.k.a vokalis band Letto aja bisa terkenal padahal do.i kuliah ndobel di luar negeri di jurusan fisika dan matematika murni lho. Cuman, peluang ente kerja yang ga jauh-jauh dari musik, ya bakal lebih besar kalo ente kuliah di mari. Jangan salah, kemaren ane bayar uang semester di bank BNI. Ada mbak teller cantik nanyain ane begitu tau ane mahasiswa UNY. Ya ane jawab, ane kuliah di musik. Pas tak tanya balik, do.i ngaku kalo dia juga kuliah di UNY ngambil jurusan fisika murni.
Oke ya, udah clear ya masalah ragu nggaknya. Intinya ente akan diutamakan digembleng buat jadi guru musik di UNY. Kalo ente emang pengen jadi pemain band terkenal, yo ga ada salahnya kuliah dimari. Karena ente juga bakal diajarin aransemen lagu supaya lagu di album band ente tambah josssss. Begitchu....
Nah, masalah prospek kerja udah kelar, sekarang masalah pelajaran kuliahnya tu kek gimana sih kalo di Seni Musik itu? Apa iya kita bakal di suruh sama pak dosen buat ngulik-ngulik lagunya Afgan biar kaya Dream Theater? Atau ngulik2 lagunya Charlie Puth biar nuansanya kayak lagunya Didi Kempot? Atau kuliah kita bakal nyanyi-nyanyi kayak di les vokal itu? Ato gimana siiiih? Bingung deh eyke (haha alay). Oke! Perkenalkan, ane adalah salah satu mahasiswa yang agustus 2016 ini ngambil mata kuliah semester tiga. Yaaah, dikit-dikit tau laaah, susahnya kuliah di musik. Lagian dua temen deket ane juga udah lambai-lambai di depan kamera gara-gara enggak kuat sama horrornya tugas-tugas rodi.nya Seni Musik. Langsung aja! Mata Kuliah Seni Musik update 2015 (tahun ane) :
1.       Vokal  Dasar
Ente jago skipping sama guitar listrik? Ente jago rolling drum? Atau ente jago ngejazz piano? Inget! Ente kuliah di IKIP. Entah lo master di gitar, drum, ato piano, tujuan dari perkuliahan ini adalah mencentak ente supaya jadi guru. Makanya adakan ada materi vokal dasar. Masa iya guru musik ga bisa nyanyi? Kalo tahun ajaran ane, ada 3 semester vokal dasar, yang tingkat-tingkatnya ngegunain sistem passing. Jadi misal nih, ane ga lulus Vokal 1 di semester satu, ya berarti ga bisa lanjut Vokal 2 di semester dua. Kudu ngulang lagi Vokal 1 di semester 3 alias ngulang tahun depan. Materinya itu ya tetep nyanyi, namanya aja vokal. Cuman, partitur (buku musik)nya itu not balok. Bukan not angka. Kebijakan dosen, biasanya akan ada 6-10 lagu dalam satu semester. Trus ujiannya beberapa lagu dari 6-10 lagu itu. Jadi ya tiap-tiap lagu kudu di hapalin.
2.       Gitar Dasar
Sama kek vokal. Malu-maluin ah, guru musik kok ngga bisa nggitar. Dan sama kayak materi Vokal. Sistem passingnya, partiturnya, sama ujian lagunya.
3.       Piano Dasar
 Sistem passingnya, dan partiturnya sih sama, cuman lagunya lebih banyakan di Piano Dasar. Di Piano 1 dan Piano 2, akan ada tangga nada mayor, tangga nada minor, etude (latihan tehnik piano dalam bentuk lagu) dan lagu. Dan itu, setiap minggu bakal baru terus materinya.
4.       Apresiasi Musik
Ane lebih suka menyebutnya sebagai pencerahan tentang musik. Kita bakal digembleng lagi bagaimana cara melihat musik dengan berbagai macan sudut pandang. Bikin kita tau sejarah musik, bagaimana cara menghargai musik, atau menilik perkembangan musik di Indonesia. Yaah, mata kuliah ini mengajarkan kita supaya jangan ada lagi anak negeri yang bikin lagu Pusing Pala Barbie setelah lagu All About The Bass di rilis duluan. Miris.
5.       Teori Musik
Jujur, inilah alasan ane masuk musik. Karena teori musiknya. Kita bakal dikenalin sama not balok, dan gimana cara ngolah-ngolahinnya. Akan ada interval, progressing chord, sama penyusunan harmoni paduan suara sederhana di materi ini. Ini adalah matematikanya SMA menurut ane. Susah kalo ngga memperhatiin. Serius.
6.       Solvegio
Ini adalah mata kuliah paling susah menurut ane. Gimana nggak? Kita harus ngebunyiin ritmik atau nada dari notasi balok yang ngga punya irama choy. Itu kayak, ada not balok nih, nomer satu, trus nomer dua, tiga, empat, sampe empatpuluhlima itu isinya not balok semua dan kita harus bisa ngucapin ritmik mapupun nadanya. Jangankan not balok. Not angka aja susaaaah brow. Bagi yang ngga tau ritmik dan nada nih, kalau nada itu ngucapin ketukan pake melodi, nah kalau ritmik itu ngucapin nada tanpa melodi. Jadi baca ritmiknya ‘pake pam pam pam pam’ atau kebijaksanaan dosen. Selain ngucapin ritmik dan nada dari notasi balok, kita juga bakal di tes nulis notasi balok dari ritmik dan nada yang dibunyiin dari sang dosen. Beuuuh, susah banget itu. Ada juga kita suruh nebak chord minor mayor diminished augmented, ato progressi chord nada.
7.       Pilihan Instrumen Mayor (PIM)
Ini adalah kesukaan mahasiswa. Dimana saat jadi mahasiswa musik UNY, kita boleh memilih instrumen buat kita tekuni sendiri. Tersedia ada Saxophone, Gitar, Vokal, Piano, Flute, Biola, Contrabass, Oboe, Perkusi (Drum kits, marimba, dan vibraphone), Terompet, Horn, dan Klarinet (kayaknya itu doank deh. Ntar kalo ada yg baru ato kelupaan ane update :v ) Waduuh, kok ngga ada kendang, seruling, gamelan, sasando, bonang, atau alat musik Indonesia yang jadi materi PIM yah? Wkwkwkwk masih misteri.
Oh, ya. Kalo bisa nih, ente kudu punya instrumen PIM sendiri. Kecuali Vokal yang udah tentu itu intrumen alami, Perkusi dan Piano yang praktek lagunya make Piano punya universitas.

Selanjutnya ngomongin fasilitas, jurusan seni musik punya delapan ruang piano, satu marimba, dua drum kits, tiga timpani, satu vibraphone, serta beberapa alat perkusi kayak, satu set toys instrument, 1 set timpani, glockenspiel, serta beberapa alat musik di gudang. Anak Piano yang memutuskan untuk ngga beli Piano bisa ngegunain piano di ruang piano. Tentu aja cepet2an. Karena anak mayor non Piano biasanya latihan Piano Dasar di sini. Anak Perkusi juga harus cepet2an ngetem buat latihan. Ntar kalo udah penuh, biasanya anak Perkusi cabut latihannya di ISI

Sekarang buat kesehariannya anak musik nih. Kalo dosen bener2 lagi dalam keadaan prima dan fokus mengajar, di semester satu dan dua, kita akan ngedapetin sedikitnya, 1 lagu gitar dasar, 1 lagu vokal dasar, 3 lagu piano dasar, dan 1 lagu PIM/minggu. Jadi ada sekitar 6 lagu/minggu. Itu belum sama tugas Teori Musik, Apresiasi Musik, Solvegio dan 3 materi kuliah umum.Kebayang ga sibuknya anak2 musik kejar deadline? Apalagi kalo udah masuk agenda konser rutin maupun konser mayor atau yang pengen aktif di organisasi tingkat universitas maupun luar universitas, beuuuuh, tidur menjadi barang berharga di sini ntar hahaha. Tapi tetep jangan lupa cari jodoh... hahaha Karena apa? Karena setelah lulus kuliah, ente akan dihadapkan dua hal pasti. Kerja dan nikah!
Oh ya, sengaja keempat materi kuliah umum ngga ane sebutin di mata kuliah di atas dikarenakan mata kuliah umum bukan mata kuliah yang berhubungan dengan musik. Mata kuliah umumnya biasanya kisaran Managemen Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Agama.
Info nih, sebaiknya mahasiswa memiliki satu Gitar untuk menunjang perkuliahan Gitar Dasar. Terserah, mau beli sendiri atau mau pinjem kakak angkatan. Oh iya, materi Gitar, baik Gitar Dasar dan PIM Gitar itu menggunakan Gitar Accoustic Classic yang simetris (bukan yang bawahnya berlubang atau custom) dengan senar nilon (bukan string). Mereknya biasanya Yamaha C-315 untuk standar perkuliahan di UNY seharga 750rbu kalau beli baru. Ada yang beli merek Alhambra ataupun Secco juga lho kalau dia anak mayor wkwkwk. Soalnya tuh gitar bener2 gitar eksklusif. Jadi kalau berfikir di Seni Musik UNY mayor Gitar bakalan diajarin maen Gitar Listrik, itu bener2 salah!
Oke gitu aja infolormasi tentang Pendidikan Seni Musik UNY. Yah, ane sadar lah, banyak salah kata atau penyampaiannya kurang menarik. Kalau ada yang kurang jelas dan pengen ditanyain, langsung aja corat coret di komentar! Oh ya, satu rekomendasi film bagus buat kalian para penggemar musik, yaitu Whiplash! Cari dah traillernya di google.
Oh, ya, daripada komentator yg kurang jelas nanyain kontak person, langsung ane kasih aja. IG ane @full.hidayat. Langsung nanya aja DM2 gtu... wkwkwk

11 komentar:

  1. Makasih bgt loh infonya min... ngebantu bgt wkwk!

    BalasHapus
  2. Aku mo nanya dong, yang vokal itu.. gimana sih rincinya? Tlong jelasin dong.. makasih lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vokal rinciannya gmna? Maksudnya yg Vokal dasar atau PIM Vokal nih? Kalau Vokal dasar, rinciannya tersebut kayak di informasi di atas. Nah, kalau PIM Vokal, kurang lebihnya tuh persis kayak Vokal dasar, dengan materi tingkat lanjut dan tingkat kesulitan yg lebih tinggi dari Vokal dasar.
      .
      Materi Vokal lebih dititikberatkan ke seriosa. Namun ngga usah khawatir. Kalau sista pgen belajar nyanyi pop, penyesuaian dari teknik seriosa tidak begitu susah kok. Karena pada dasarnya, nyanyi pop pun, teknik vokalnya hampir mirip dengan seriosa, atau bahkan lebih susah.

      Hapus
  3. Maaf ni la boleh minta cp ato wa dsb.
    Mau nanya2 seputar prodi musik. Makasih

    BalasHapus
  4. Salam buat bu ayu brad ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke brooo.. haha makasih dah mampir di blog broo

      Hapus
  5. Boleh minta kontaknya ga? Mau nanya soal info seputar jurusan pendidikan musik di UNY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget broo... sorry lama ngereply... di IG aja ya? @full.hidayat... DM aja... :D

      Hapus
  6. Bang minta wa. Tanya2 tentang uny ni

    BalasHapus
  7. susah ga sih masuk sini mas? aku dari smm yk lulus tahun depan mau daftar uny lanjut musik hehe doakan🙏

    BalasHapus