Selasa, 18 Juli 2017

Cara Ngirit Khas Anak Kos!

Assalamau'alaikum!

Hai, hai, haaaaaai! Ketemu lagi sama tulisan gw. Hehe, kali ini gw akan ngasih tau tips 'n trik ngirit khusus buat ente yang ngerantau menjadi anak kos... Ready?

Sebelumnya, sorry udh setahun gw ngga mosting apa2 di blog gw. Dan sesekali gw juga baca tulisan setahun gw. Ada perubahan kosakata. Tahun lalu, gw make kata ane-ente. Nah mulai sekarang, gw make kosakata gw-lo biar serasa deket lah ya. Karena gimanapun, ini yg bikin susah org bule belajar Bahasa... wkwkwk
.
Oke, langsung aja. Buat awal2, lu tetep kudu ngeluarin budget buat ngedapetin barang2 ini. Ngirit juga butuh modal. Akhirnya setelah kalkulasi sana sini ngumpulin modal buanyaaaak buanget dan ngebeli bahan2 ini, akhirnya nemulah formulasi ngirit anak Kos yang konon, lebih ngirit formulasi ini daripada makan mie instan 3x/Hari. Cusss...
.
Lo bakal butuh barang2 kayak :
.
1. Magic comp yang 1,8 Liter, dgn spesifikasi kuat bust masak nasi, numis sayur, masak sayur, dan ngukus sayur. Ini ntar digunain buat masak sayur atau numis sayur. Gw sih make Cosmos CRJ-520. Ini ngga lagi promosi ato iklan loh ya... Ini contoh aja... Buat merek yg gw tulis, ehm, ehm... *ngode
.
2. Magic comp 1 liter kalo ngga salah, pokoknya kudu lebih kecil dari magic com pertama. Nyari aja yg harganya kurang dari 200rbu. Gw dapet harga 150rbu, dgn spesifikasi cuman bisa masak nasi, dan jika nasinya diangetin, cuma bisa bertahan 1 hari. Lebih dari satu hari ngerak. It's not a big deal. Lagian ini juga untuk perencanaan makan hingga 3porsi/hari. Jadi buat org yg g suka masak nasi TIAP HARI, pertimbangin deh. Jadi ketika lu masak nasi yang max 3porsi/hari, ya lu kudu ngabisin tuh nasi hari itu juga. Itu kalo lu ngga pgen makan nasi kerak atau ngebuang nasi gara2 basi. Ya bisa diakalin sih, make magic com yg bisa ngeangetin nasi sampe 2-3hari. Ga tau gmna rasanya tuh nasi, kwkwkwk. Gw make merek Niko. Merek termurah di toko elektronik saat itu.
.
3. Piso.
Buat ngerajang2. Yg stainless steel murah kok. 20rbuan. Kalo bisa jgan yg gagangnya kayu biar mudah nyucinya.
.
Setelah ente mendapatkan dua buah bahan di atas, sekarang adalah menu sederhana buat masak sayurnya. Dibikin sesederhana mungkin dan mohon maaf bagi yg terbiasa gonta ganti makanan. Akan sangat berat di sini. Soalnya kuncinya ngirit ya itu, lu harus nahan makan yg itu ituuu mulu. Ya kalo gw sih, mendingan ginian daripada makan promag... wkkwkwk
.
Menu yg bisa dimasak di magic comp salah satunya adl sop. Mungkin akan improvisasi seiring kreatifitas. Atau ntar gw kasih tau resep2 baru yg bisa dimasak di magic com selain sop. Di bawah, akan gw jelasin mengenai bumbu, harga, ketahanan bahan, dan estimasi biayanya. Oh iya, 1x masak memiliki asumsi untuk 3 porsi ya gans sist.
.
Bahan KUAH Sop Ala Anak Kos :
.
1. Penyedap Rasa.
Udah gw bahas mengenai efek2 micin2an kemaren. Gw make Masako rasa sapi yg 250gr. Harganya 10rbuan hoki2an aja kalo lagi ada promo. Kalo ente orgnya 50kg, batas aman/Hari itu 5gram micin. Padahal buat 1x masak, ente paling cuman butuh 2,5gram micin. Jadi abisnya kira2 3bulanan lah nih micin... Wkwkwk
.
Disclaimer : Buat referensi aja, search di google : "Sejauh Mana MSG Berbahaya untuk Dikonsumsi? - Zenius Blog"
.
2. Garem.
Yg 250gr. Kalo gw bilang si, ini supaya konsumsi micinnya ngga banyak... Jadi nyampurin garem sama micin... Wkwkw Lagian gw type salty lovers + penderita darah rendah. Ya kalo gw gini, masak masakan gw, makan yg makan gw, gpp donk asinan dikit? wkwkwk becanda, becanda. Kalo ente dateng ke kos gw, ntar gw suruh lu nyicip kuahnya, pas ngga. Ntar klo menurut gw kurang asin, gw sendiri yg nambahin garem ke masakan gw.
.
Nah, karena ukuran garem sama kayak ukuran penyedap rasa gram2annya, estimasi abisnya ya 3 bulanan lah. Harganya cuman 5rebu doank. Plus, kalo lo mau makan nasi garem bisa juga. kwkwkw...
.
3. Saus.
Gw make Indofood Sambal Extra Pedas biar nampol kuahnya. Harganya 35rbu buat yg 340mL. Opsional sih, bisa make bisa kagak. Tapi masa iya ngga ada yg hot-hot gtu? Nyari cwe aja lu pgen yang hot kan? kwkwkwk Biar ngga cuman rasa micin sama garem. Plus hare geneee mana ade cabe mureeeh? wkwkwk Estimasi abisnya 1 bulan kali ya? Ato kalo mau lebih simple beli Bon Cabe yang lvl 30 tuh. Keknya hot.nya maximal kek cwe gw wkwkkwk Becanda lagi kok. Gw djomblo... Takutnya kalo ngaku punya cwe padahal ngga, ntar kena karma, ngga laku gw. wkwkwk
.
4. Bawang Merah-Putih.
Ga terlalu ngefek sih di rasa (menurut lidah gw). Ya udah ketutup sama micin, garem, sama saus sih. Tapi menurut gw mh, ya buat tambah2 aja lah. Lagian ngonsumsi bawang juga baik wkwkkw. Bawang putih katanya bisa buat ngebersihin ginjal secara alami dari borax sama makanan berpengawet. Kalo bawang merah emg cuman bisa bikin mata pedes doank pas lu iris2 keknya... kwkkw
.
Lu beli aja masing2 1 ons. Harganya 9rbu. Awet sampe 1 bulanan. Dan abis rentang 2minggu - 1 bulanan, tergantung lu kuat ngiris bawang merahnya kagak. kwkwkwk Kalo gw mh, bawang merah-putih 3 siung tiap sop. Kalo bawang putihnya gede, ya 2 siung doank. Boros... wwkkwkw
.
5. Telor.
Telor ternak aja. Jangan telor kampung. Mahal. Ini suplay protein. Katanya pgen 4 sehat 5 sempurna... Beli 5-8 biji di toko. Harganya tuh 1500/butir. 1 butir telor aja/masak. Rekomendasinya kan emg 1butir/hari.
.
6. Merica Bubuk.
Ini juga ngga tau gw efeknya apaan. Tapi kalo gw makan mie rebus di burjonan (istilah warteg bagi org Jogja), trus gw kasih merica bubuk, sampe banyak bgt gtu, soalnya rempah2 kan. Kata org Eropa, rempah2 bikin badan anget. Gw nyari angetnya. Efeknya bikin kayak pedes gtu, cuman ngga sepedes saus. Semriwing gitu di tenggorokan. Cius, gw ngeker angetnya doank. Beli sachet.annya 1rebu atau 2rebu ya? Lupa.
.
Pernah gw di market tuh, ada merica bubuk botolan kek botol Bon Cabe tuh, harganya 37rbu. Mahal bgt. wkwkwk. Tapi mungkin besok gw beli sih. Yaaah, dibilang mh, abisnya sama bawang.
.
7. Topping.
Naaaah, ini yang ditunggu para herbivora. Toppingnya. Gw inget banget, kalo dimasakin ortu sop, yang dicyduck dulu tuh toppingnya. Diabisiiiin dulu, baru sayurnya. Topping apa gerangan? Tak lain tak bukan ya kek misal, sozzis, bakso, atau apalah yg bisa jadi campuran sop gtu.
.
Gw sih make sozzis sama bakso. Harganya sama 5rebu/bungkus. Kalo sozzis itu nyari yg isinya 3 batang. 1batang/sop. Jadi bisa kuat 3 hari. Tapi kalo bakso, 5rebu isinya 10 butir. Ya serah lu sih, tapi gw nyemplungin 5 butir/sop. Jadi bisa buat 2 hari.
.
Naaah, itu tadi bahan kuah ya. Sekarang bahan SAYUR... Jadi di sini lu kudu nyari mamang2, teteh2, a'a'2, yg suka jual sayur mentah. Ga susah lah kalo dipikir. Tiap kompleks pasti ada. Ya kali kawasan kos ngga ada yg jual sayur?
.
1. Sawi Putih.
Ini the best of vegetable menurut gw. Kalo lu hoki, pinter ngerayu, ganteng trus dicengin mba2 yg jual, lu bakel dapet sawi putih gedean dgn harga 3500... Dan ini bisa buat 3x masak broo! Mantap ga tuh? Kelebihan yang lain, ini sayur modelnya model kuping, alias kaku tur njepiping, kaya kuping kucing gtu lah kelihatannya. Jadi ga gampang layu meskipun lu simpen di kos yg notabene ngga ada kulkas.
.
2. Sawi Ijo.
Ya kalo ini buat variasi. Harganya juga 3000-3500an lah. Model jualannya per.iket. Satu iket kadang ada 3 buah sawi. Ya ini ya untung2an. Jadi
kalo lu hoki, pinter ngerayu, ganteng trus dicengin mba2 yg jual, lu bakel 1 iket yg isinya ada 3 buah sawi ijo seharga 3000-3500an. Kalo dlu gw masak sawi ijo mh, karena 3 buah sawi ijonya 1 gedean, 2 agak kecilan. Jadilah ntu sayur bisa buat 2x masak. Itupun kelihatan bgt kalo layu. Jadi kalo ngga bener2 beli pas pagi yg seger2 gtu, ya yg tersisa mungkin sawi ijo sisa kemaren yg udh layu. Ya kali sisa kemaren mau disimpen buat masak lusa? Seberapa layu coba?
.
3. Bayem.
Makanan khas popeye. Disinyalir karena udah bangkrut ngartis di serial Popeye bikin do.i beralih fungsi jadi jualan ayam sama istrinya Olive. Walhasil, mas2 ini yg tadinya langganannya tim produksi Popeye beralih jadi penjual sayur kek yg bakal lu beli ini wkwkwk. Ngga tau gimana masak bayem. Yg gw tau, bayem itu penambah darah. Cuman saking butuh darahnya, gw masak se tangkai2nya. Padahal serat di tangkai kan lumayan tebel tuh. Gw keloloden makan kek bgtuan soalnya.
.
Harganya ya tetep lah, 3500an. Tapi masih kelihatan fresh sih. Akar2nya masih bau tanah. Masih bau pupuk tai sapi. Jadi sebelum masak sayur, WAJIB dicuci dulu gans... wkwkwkw Trus bisa dibikin 2x masak sih. Gw kemaren bikin buat makan bareng temen juga sih. 6 porsi gitu. Dan kalau bayem emg setelah dicabut ng.layu gtu kan yah? Jadi keknya masih mending bayem lah sama sawi ijo kalo masalah daya tahan.
.
4. Sop
Ini berisi kobis 1/4 dari kobis bulet ituh, wortel 1 biji, tomat 1 biji, daun bawang 1 helai, dan daun apaan ituh ga tau namanya 1 tangkai. Ini bahan2 dari sayur bening. Cocok bagi lo yg gila vit A, trus pgen makan wortel. Sayur mewah ini soalnya harganya 3000-3500an dan cuman bisa buat 1x masak.
.
5. Buncis.
Seapes2nya lu gara2 stok sayur abis semua, ya beli buncis. harganya juga samaan. Kisaran 3000-35ooan. Cuman berarti lu siap2 bikin sop kacang2an alias ngga berserat. Kalo ngomongin daya tahan sayur, keknya bisa lebih lama dari sawi putih. Tapi untuk 2x masak. Soalnya buncisnya udh ditakar sama mamang2, teteh2, a'a'2, yg suka jual sayur mentah. wkkwkwkw
.
Naaaaaah di sini tugas lu adalah masak bahan kuah, trus campurin sama bahan sayur. Rumus kuahnya kek gtu. Jadi ya kayak, kuahnya sama cuman beda sayur. kwkwkw Sekarang kita bikin estimasi biaya dalam 1 bulan sebagai perbandingan kengiritan dari formula gw.
.
Bahan :
1. Magic Comp 1,8L => 300rbu
2. Magic Comp yg lebih kecilan => 150rbu
3. Piso, harganya gw gedein => 30rbu
Total => 480rbu
.
Bahan Kuah
1. Masako 250 gr => 10rbu (anggep aja 1 bulan abis)
2. Garem 250 gr => 5rbu (anggep aja 1 bulan abis)
3. Saus Indofood Extra Pedas 340mL => 37rbu
4. Bawang Merah-Putih 1 ons => 9rbu x 2 (anggep aja 1 bulan beli 2x) = 18rbu
5. Telur buat 30hari => 1500 x 30 = 45rbu
6. Merica => 40rbu (yg botolan aja dan dianggep abis 1 bulan)
7. Topping buat 30hari ; Bakso aja yg masak 2x harganya 5rbu => 5rbu x 15 = 45rbu
Total => 200rbu
.
Bahan Sayur
Kita anggep make sayur mewah aja ya, trus harga sayurnya gw max jadi 5000. Jadi, 5000 x 30 = 150rbu
.
Beras nyari di Alfamart. Gw taksir aja 65rbu buat 5kg, dgn estimasi 1 bulan bakal ngabisin 10kg beras, iya ga sih? InsyaAllah akan gw update kalo beras dari rumah udh abis. Mau bener2 beras beli sendiri dari toko soalnya. Anggep aja gtu lah ya?
Jadi 65rbu x 2 = 130rbu.
.
Total keseluruhan adalah
Bahan => 480rbu
Kuah => 200rbu
Sayur => 150rbu
Beras => 130rbu
Totalnya = 960rbu.
.
Ini gw misalin, lu dikasih bulanan 1jta/bulan dimana ortu lu ngga bakal ngasih duit apa2 lagi selain duit kuliah, duit kos/tahun atau /bulan, atau duit laptop.
.
Bulan pertama, save 40rbu. Kemudian bulan selanjutnya save 520rbu/bulan. Bayangin! Ntar lu kasih dah buat beli susu, beli Yakult, beli buah2an, atau beli camilan, trus beli peralatan mandi, cuci piring, cuci baju/ laundry, wifi, atau listrik.
.
Itu yg diatas semuanya make estimasi maksimal. Sekarang coba make estimasi minimal. Berapa banyak yg duit yg ke save? Inget, lu udh beli Yakult + Susu + Buah2an loh... Ngga bakal lagi ente ngerasain yg namanya hemat kudu mie instant, oky jelly drink, atau promag. Dan irit ini, bakal 4 sehat 5 sempurna!
.
Lu bisa ngimprove supaya pengeluaran lu bisa lebih hemat. Karena inti dari postingan ini adalah masak. Baik sop dan nasi. Abis 500rbu doank lho.
.
Sekarang make estimasi anak2 mainstream kos nih, ya kawasan Jogja lah. Gw make biaya minimal dari makan di burjonan.
.
Nasi Sayur + Air Putih = 4rbu/porsi. 1 hari 3 porsi = 12rbu.
Maka, 1 bulan adalah 30x12rbu = 360rbu. Aturan lebih murah sih. Tapi kan pake estimasi termurah. Extreme pula.
.
Coba kalo Nasi Telor 6500 + Es Teh 1500 = 8000/porsi. 1 hari 3 porsi = 24rbu.
Jadi 24rbu x 30 = 720rbu.
.
So, kalo gw pribadi sih, cara mainstream makan anak kos bikin gw boros. Magelangan 9000 + Es Susu Coklat 3000 = 12rbu/porsi. Pasti bulanannya minus. wkkwkw Sementara, dgn beli sayur, kita dipaksa buat makan dgn menu itu kalo ga pgen mubadzir. Efektif menekan keinginan buat makan di luar ketika temen ngajakin makan, misalnya.
.
Oke, segitu doank artikel gw. Klo lo ada masukan, boleh lah corat coret di komentar. wkwkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar